Peristiwa ledakan [Sonic Boom] di langit karanganyar 2016



Apa itu sonic boom, Kronologi Peristiwa ledakan Sonic Boom di langit karanganyar  2016 
Kronologibayu - 30 Agustus 2016.  Suasana biasa seperti hari-hari biasanya. Tidak ada yang spesial di hari itu. Semua berjalan biasa-biasa saja. Namun suasana biasa ini menjadi berbeda ketika waktu menunjuk pukul 13.00 wib lebih.

Boomb !!!

Ya,. Benar sekali. Telah terjadi ledakan dahsyat yang menggetarkan kaca dan pintu rumah.  Bahkan pintu rumah saya sedikit membuka akibat terhempas oleh tekanan ledakan tersebut.  KAGET adalah reaksi wajar yang saya alami ketika itu. Bahkan ibu saya juga kaget bukan main, pasalnya tak ada hujan tak ada petir tiba-tiba terdengar ledakan yang hebat pada siang itu. Saya dan Ibu pada saat itu terdiam dan terpaku serta bertanya-tanya, ledakan apa yang barusan menerjang tempat tinggal kami.

Ibu saya mengkhawatirkan anak bungsu. Beliau Berkata kepada saya, "Le, adine wayahe mulih ki". Dan benar saja, selang sekitar 5 menit adik saya membuka pintu.  Wajah adik saya tampak pucat pasi, seketika itu juga saya langsung memeluk erat adik dan menanyakan keadaannya.

Banyak netizen di FB yang melapor bahwa mereka juga merasakan kejadian ledakan tersebut. Ada yang dari karanganyar, surakarta, sukoharjo, bahkan ada yang dari klaten juga merasakan hal yang sama. Saya kira suara ledakan yang menggetarkan rumah tersebut hanya dirasakan oleh warga di lingkungan saya, ternyata hampir semua warga di Soloraya juga merasakan ledakan tersebut. Mereka juga mengatakan bahwa kaca rumah bergetar akibat suara ledakan itu.

Muncul isu bahwa sumber ledakan tersebut diakibatkan oleh pesawat jatuh. Mereka mengira ada pesawat terbang yang jatuh di kawasan Gunung Lawu dan sekitarnya.  Isu itu beredar dengan cepat hanya dalam hitungan menit setelah kejadian t  ersebut. Bahkan Bude Saya yang bertempat tinggal di 26 KM dari rumah saya, beliau menelepon mengabarkan bahwa katanya ada pesawat jatuh di area sebelah utara area waduk Delingan. 

Apa yang saya lakukan setelah ada suara ledakan yang dahsyat ini?

1] Menghela nafas.
Mungkin ini kedengarannya lebay, tapi ini adalah hal pertama yang saya lakukan saat itu. Saya menghela nafas dikarenakan kaget bukan main akibat guncangan dan suara ledakan yang menimpa saya. Bahkan pintu rumah saya sedikit membuka akibat terhempas oleh tekanan ledakan tersebut.

2] Mencari informasi di TV dan internet.
Hal ini saya lakukan untuk mencari konfirmasi kebenaran dari apa sesungguhnya yang terjadi. Tidak ada berita update apapun di Televisi terkait suara ledakan itu, dengan ini saya menyatakan bahwa dugaan masyarakat yang mengatakan ada pesawat jatuh maka  itu tidak tepat. Bahkan televisi berita masih santai-santai saja.

Jika itu benar pesawat jatuh di daerah sekitar gunung lawu pasti ada iring-iringan mobil TNI dan mobil resque dari Tim SAR melintas di jalan alternatif karanganyar - matesih - tawangmangu yang terletak 3 km sebelah utara dari kampung saya.  Sama ketika ada kebakaran di lereng lawu, ketika itu mobil pemadam, SAR dan unsur pejabat lain juga melintasi jalan tersebut.

Selain mencari informasi di Televisi, saya juga mencari informasi di Internet. Sekitar 30 menit lebih ada netizen berasal dari klaten memposting berita kejadian tersebut dengan mengatakan efek ledakan juga membahana sampai tempat tinggalnya namun Netizen ini menyebutkan bahwa belum ada keterangan resmi dari pejabat berwenang mengenai apa sesungguhnya kejadian ini.

Selang sekitar 15 menit kemudian. Harian Solopos melalui portal onlinenya juga menulis hal yang sama yaitu telah terjadi suara ledakan yang belum terkonfirmasi oleh pejabat berwenang.

Solopos juga menyebut telah terjadi kesimpang-siuran di masyarakat terkait sumber ledakan itu. Ada yang mengatakan bahwa suara ledakan itu adalah suara dari pesawat jatuh di sekitar Gn.Lawu.

Baru sekitar 1 jam dari kejadian, portal solopos menulis berita yang intinya menyebutkan bahwa telah ada konfirmasi dari Kapolres Karanganyar yang mengatakan bahwa suara ledakan yang menggemparkan warga itu adalah akibat dari suara Pesawat F16 yang kecepatannya melebihi kecepatan suara atau fenomena ini disebut dengan Sonic Boom. Konfirmasi ini keluar setelah adanya koordinasi dari Kapolres dengan pejabat terkait.

[Selain solopos sebenarnya banyak media berita online lain yang mengabarkan hal yang sama, berhubung solopos adalah media  berita kawasan soloraya, maka saya mengambil sumber berita terdekat]

Lanjut >>
Berbicara tentang fenomena Sonic Boom, Saya teringat kejadian sama yang saya alami dibeberapa tahun silam.  Berhubung saya lupa tanggal dan waktu kejadian akhirnya saya search di internet. Kemudian ketemu tulisan di solopos yang bertanggal  31 Jan 2011. Telah terjadi fenomena Sonic Boom yang mengguncang kawasan Ngargoyoso dan sekitarnya. Kejadian tersebut terjadi pagi hari sekitar 08.30.

Baca: http://www.solopos.com/2011/01/31/sonic-boom-f16-panikkan-warga-karanganyar-84423

Efek ledakan tersebut juga terasa sampai rumah saya. Teringat benar dalam benak saya sebelum terjadi ledakan pada saat itu ada pesawat tempur yang sedang berlatih di langit wilayah Jumantono-Matesih dan sekitarnya. Dan tak berselang lama terdengar suara keras "Booommb" dan disertai sedikit getaran sampai rumah saya.

Saya kaget bukan main saat itu, saya mengira suara ledakan dahsyat ketika itu adalah suara pesawat jatuh.  Dugaan saya ini berdasar karena sebelumnya ada pesawat yang berlatih di kawasan udara wilayah saya.  Berjarak beberapa jam kemudian keluar kabar bahwa itu adalah efek dari suara pesawat atau yang dikenal dengan efek sonic boom.

Berdasar apa yang saya alami, saya ambil kesimpulan bahwa Ledakan Sonic Boom di 2011 silam suara dan getarannya tak sehebat sonic boom di 30 Agustus 2016. Dapat kita ketahui bersama bahwa sonic boom di 30 Agustus 2016 ini hampir dirasakan oleh seluruh warga di kawasan Soloraya. Baik suara dan getarannya pun juga terasa oleh masyarakat.

Himbauan kepada pejabat terkait
Jika kejadian dahsyat tersebut benar-benar berasal dari pesawat tempur, mohon sekiranya kepada Pimpinan tertinggi di lingkungan AURI untuk mengingatkan kepada para penerbang untuk bijak dalam menerbangkan pesawat dan tepat dalam memilih lokasi terbang.

Hingga tulisan ini saya publish tidak ada berita yang mengabarkan ada pesawat jatuh di wilayah karanganyar.  Jadi berita yang berkembang di masyarakat mengenai ada pesawat jatuh, itu tidak benar !




Artikel Terkait:

Kronologi Bayu
Kronologi Bayu Updated at: Monday, September 12, 2016
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Silahkan berkomentar di kolom bawah ini
(Auto Approve tanpa moderasi).
1. Berkomentarlah dengan baik dan sopan.
2. Dapatkan backlink dengan menggunakan Nama/URL.
3. Komentar bermuatan Iklan, Pornografi, Link Hidup (masuk SPAM)
4. Tidak direkomendasikan memakai Anonymous.
Komentar yang melanggar aturan akan saya hapus
Demikian harap menjadikan maklum., Salam Sukses !!
Emoticon