7 Produk Google Paling Sering Digunakan Masyarakat Umum Indonesia


Kronologibayu – Sejak kemunculannya pada akhir 1997 silam, Google  terus berevolusi dan berkembang. Banyak produk yang telah diluncurkan oleh Google. Produk-produk milik Google  diciptakan untuk semakin memanjakan para pengguna layanan Google. Apa yang diciptakan google tersebut dapat kita nikmati secara gratis.

Produk internet yang dimiliki Google jumlahnya sangat banyak. Ada 7 produk google yang cukup familiar digunakan oleh khalayak umum masyarakat Indonesia. Adapun ketutujuh produk tersebut yaitu:

7  Produk Google yang sering digunakan masyarakat  umum Indonesia., Produk google yang terkenal, apa saja produk google? produk google memiliki banyak macamnya, Apa saja macam dan jenis produk google?

1. Google Search Engine.

Google Search merupakan produk utama milik google. Sejak diluncurkan pada tahun 1997 silam, Google Search telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan aktifitas para pengguna internet. Tinggal memasukkan kata kunci kedalam kolom pencarian maka saat itu juga sederet informasi yang dicari akan muncul pada jendela browser. Kecanggihan dan keakuratan Google Search telah membuat produk google satu ini berada pada urutan pertama mesin pencari yang paling diminati.

2. Gmail.

Gmail adalah layanan Surat elektronik yang memungkinkan setiap orang untuk mengirim pesan secara online ke alamat yang dituju. Gmail menawarkan kapasitas penyimpanan surat elektronik yang cukup besar yaitu 15GB. Dengan kapasitas yang besar membuat pengguna tidak perlu khawatir untuk menyimpan pesan yang ada di akun gmail mereka.

3. Google Maps.

Google Maps Diluncurkan pada bulan Februari 2005.  Google Maps telah berkembang menjadi salah satu aplikasi yang paling populer digunakan di komputer, tablet dan ponsel. Jutaan orang kini menjelajahi jalan-jalan yang tidak diketahui dan tempat-tempat melalui Google Maps. Mereka dapat memiliki pandangan udara dari bangunan bersejarah terkenal, jalan-jalan, pulau-pulau, menara, sungai dan segala sesuatu yang ada di permukaan bumi.

4. Google Chrome.

Google Chrome merupakan produk Google berupa web browser.  Google Chrome telah menjadi pesaing serius terhadap eksistensi web browser lain seperti Mozilla Firefox dan Internet Explorer. Google Crome  juga memiliki berbagai jenis ekstensi yang dapat  di unduh secara langsung pada Chrome Web Store. Google Chrome sudah tersedia untuk Windows, OS X, Linux, Android dan iOS

5. Google Translate.

Google Translate adalah produk google yang memberi layanan berupa terjemahan secara online. Pengguna dapat menerjemahkan bahasa satu ke bahasa lain secara cepat. Meskipun hasil terjemahan belum 100% tepat, namun cukup membantu dalam memahami bahasa lain secara dasar. Google translate telah mendukung 64 Bahasa.

6. YouTube.

YouTube adalah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan pegawai PayPal pada Februari 2005. Situs Youtube memungkinkan para pengguna Youtube dapat mengunggah, menonton, dan berbagi video milik mereka.  Pada tahun 2006 Youtube resmi diakuisisi oleh google dengan nilai US$1,65 miliar. Sejak saat itu Youtube telah menjadi produk resmi milik google. Selain melalui blog / situs, Google juga mengintegrasi YouTube dengan jaringan iklan. Iklan Youtube tampil di awal sebelum durasi video asli dimulai. 

7. Blogger.

Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang diciptakan oleh Pyra Labs. Blogger diluncurkan pada tanggal 23 Agustus 1999. Blogger merupakan salah satu perangkat publikasi blog pertama di dunia.  Kemudian pada tahun 2003, Blogger diakusisi oleh Google. Blogger dihosting oleh Google di bawah subdomain blogspot.com.  Perangkat Blogger beserta semua fitur didalamnya dapat dinikmati secara gratis tanpa bayar.  Saat ini, orang dapat dengan mudah mempublikasikan karya mereka secara online melalui blogger.

Saya pribadi sebagai salah satu pengguna internet sangat terbantu dengan adanya produk-produk Google seperti diatas. Masih banyak produk yang ditawarkan Google, kesemua produk milik Google sangat mudah diakses dan kebanyakan disediakan secara gratis untuk para penggunanya.

-Sekian-




Artikel Terkait:

Kronologi Bayu
Kronologi Bayu Updated at: Saturday, June 18, 2016
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai