10 Fakta Sosial Unik Seputar Bulan Puasa Ramadhan Di Indonesia


Kronologibayu- [Fakta Sosial Unik Tentang Bulan Puasa Ramadhan] Ramadhan adalah bulan berkah bagi semua umat, terkhusus bagi umat muslim. Tapi tahukah anda para pembaca, bahwa di bulan berkah ini menyimpan fakta sosial unik yang mungkin jarang anda perhatikan.

Apa saja fakta sosial tersebut, simak selengkapnya di bawah ini.

10 Fakta Sosial Unik Seputar Bulan Puasa Ramadhan Di Indonesia, fakta seputar bulan puasa, Kejadian unik seputar bulan puasa

1. Tayangan Iklan minuman Sirup bermunculan di televisi.

Iklan kesegaran ini memanfaatkan momentum Puasa Ramadhan sebagai momen untuk menggenjot penjualan produk.

Ilustrasi tayangan iklan yang menggoda sengaja diciptakan guna menstimulasi orang untuk membeli sirup sebagai minuman berbuka puasa.

Besarnya jumlah muslim di Indonesia juga menjadi faktor penting mengapa bulan ramadhan menjadi waktu yang tepat bagi produsen minuman sirup untuk memaksimalkan pemasaran produk mereka.

Iklan minuman sirup di Indonesia memang identik dengan datangnya bulan puasa ramadhan. Saya pribadi takut jika kemunculan iklan sirup akan dijadikan tanda dimulainya bulan ramadhan, alih-alih menggunakan hisab atau rukyat terhadap fenomena alam yaitu munculnya bulan. 

2. Tayangan Adzan Magrib di televisi menjadi tayangan yang dinanti banyak orang.

Nampaknya tayangan ini mendadak memiliki rating cukup tinggi, Tanya kenapa?. Silahkan anda jabarkan sendiri.  

3. Banyak Tayangan Religi Bertema Ramadhan bermunculan di TV.

Momentum yang tidak dilewatkan begitu saja oleh pemilik TV untuk menggenjot sharing and rating televisi mereka. Para pemilik TV berlomba-lomba menyuguhkan tayangan bertema ramadhan kepada para pemirsa.

Saya berharap semoga tayangan-tayangan tersebut memiliki kadar edukasi yang dapat dipertanggungjawabkan dan layak sebagai tayangan di bulan ramadhan.

4. Kembali hidupnya aktivitas tahunan “Ngabuburit” sebagai aktivitas yang digandrungi kalangan muda.

Ngabuburit adalah aktifitas yang dimaksudkan untuk menunggu bedug buka puasa tiba. Aktifitas ini kebanyakan berupa aktifitas nongkrong (sitting, talking, & doing nothing) yang dilakukan di pinggir jalan, taman kota, alun-alun atau tempat lain yang memungkinkan untuk ngabuburit.

Tapi bagi anda yang bergaya anti-mainstream, yang tidak suka dengan tempat keramaian, anda bisa ngabuburit di teras rumah atau di depan televisi rumah anda sembari makan cemilan.

Makan Cemilan atau Ngemil adalah salah satu aktifitas ringan nan menyenangkan yang dapat anda lakukan sembari menunggu waktu buka puasa tiba. 

[[saya berharap para pembaca bisa membedakan mana becanda atau tidak ya. . hehehe]]

5. Munculnya kembali BUKBER sebagai “life style” selama bulan puasa ramadhan.

Aktifitas yang “identik” dengan bulan puasa ramadhan ini memang sangat disukai banyak orang.

Dari kalangan ABG hingga mereka yang sudah berkeluarga banyak yang meluangkan waktu untuk aktifitas ini. Bahkan munculnya BUKBER juga disukai kalangan pegiat bisnis kuliner.

Sah-sah saja melakukan kegiatan BUKBER ini asalkan tidak melupakan kewajiban lain.

6. Omzet penjualan rumah makan/restoran naik tajam di interval 17.35 – 18.35 waktu setempat.

Acara buka puasa bersama (BUKBER) membuat jam-jam tersebut menjadi interval singkat yang mampu meningkatkan omzet penjualan suatu rumah makan secara signifikan.

7. Intensitas Swa Foto (Selfi) naik tajam pada acara bertajuk buka puasa bersama (BUKBER).

Nampaknya kalangan penikmat atau tepatnya penggila foto selfi tidak mau kehilangan momentum untuk menunjukan eksistensi mereka pada acara BUKBER. Setelah itu mereka mengunggah hasil foto selfi ke akun medsos mereka.

Tidak percaya? Cek aja di Bukalapak[.]com. eh..bukan itu, maksud saya, cek saja di akun IG mereka.

8. Bergairahnya kembali aktifitas Masjid.

Bulan penuh rahmat dan penuh ampunan ini dimanfaatkan benar oleh umat muslim untuk berlomba-lomba dalam ibadah. Hal yang sangat positif. Tapi, tidak dapat saya pungkiri bahwa kemeriahan masjid akan berangsur menurun selepas bulan ramadhan.

9. Petasan dan kembang api dengan mudah kita temui di pedagang pinggir jalan.

Jika tahun baru mungkin identik dengan terompet, entah kenapa setiap bulan puasa ramadhan kita mudah mendapati petasan dan kembang api di pedagang pinggir jalan. Apakah tempat anda juga mengalami hal yang sama seperti ini ?.

10. Kolak akan eksis kembali sebagai salah satu sajian buka puasa.

Kolak yang tidak begitu diperhitungkan di bulan-bulan lain, nampaknya kembali menjadi primadona banyak kalangan di bulan puasa ramadhan.

Mudahnya bahan dan murahnya biaya pembuatan menjadi beberapa alasan mengapa sajian kolak diminati banyak kalangan.

Kemana keberadaan Kolak jika di bulan selain ramadhan?

Saya yakin suatu saat nanti pasti ada produsen cerdas yang melihat kolak sebagai peluang bisnis. Kebutuhan akan suatu hal yang cepat dan instan dari masyarakat (konsumen), bisa jadi hal itu akan menimbulkan ide dari produsen untuk membuat produk kolak instan yaitu Kolak Serbuk Siap Seduh. Wow. . Sungguh ide yang brilian !

Demikian 10 Fakta Sosial Unik Seputar Bulan Puasa Ramadhan Di Indonesia. Sebenarnya masih banyak lagi fakta unik mengenai bulan puasa ramadhan di Indonesia.

Bagi anda para pembaca yang mempunyai fakta sosial unik seputar bulan puasa ramadhan yang lain, silahkan berkomentar di kolom komentar.

Terlepas dari fakta-fakta sosial di atas, Saya pribadi berharap semoga bulan puasa ramadhan di tahun ini dapat berlangsung dengan hikmat dalam kedamaian, mampu membawa keberkahan bagi semua umat dan dapat membawa kebaikan bagi Negara kita Indonesia. Amin.

-Sekian-    



Artikel Terkait:

Kronologi Bayu
Kronologi Bayu Updated at: Wednesday, June 01, 2016
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Silahkan berkomentar di kolom bawah ini
(Auto Approve tanpa moderasi).
1. Berkomentarlah dengan baik dan sopan.
2. Dapatkan backlink dengan menggunakan Nama/URL.
3. Komentar bermuatan Iklan, Pornografi, Link Hidup (masuk SPAM)
4. Tidak direkomendasikan memakai Anonymous.
Komentar yang melanggar aturan akan saya hapus
Demikian harap menjadikan maklum., Salam Sukses !!
Emoticon