Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian dan Sejarah Apa itu Google Adsense?

Kronologibayu-//Google Adsense(GA)// Dalam kesempatan ini saya akan mengulas mengenai seluk-beluk Apa itu Google Adsense. Tulisan ini saya maksudkan sebagai catatan pengingat pribadi dan juga saya tujukan sebagai tulisan sharing kepada anda para pembaca. Adapun ulasan mengenai Google Adsense selangkapnya adalah sebagai berikut: 

Pengertian Google Adsense ?, Sejarah Diluncurkannya Program Google Adsense (GA), Darimana Iklan Google Adsense berasal?, Berapa nilai bayaran yang diterima Publisher dari penanyangan Iklan Adsense?. Apa Saja Kebijakan Google Adsense terhadap  para publisher?, Apa sanksi yang diterima publisher jika melanggar kebijakan Adsense?,GA atau singkatan dari Google Adsense adalah salah satu produk Google.Inc

Pengertian Apa itu Google Adsense ?

Google Adsense atau Adsense adalah Program periklanan online yang dijalankan oleh Google. Program ini menawarkan kerjasama kepada pemilik web/ blog /situs online untuk menjadi penayang iklan (publisher). Pemilik web/ blog /situs online yang memenuhi kriteria akan disetujui pihak Google untuk menampilkan iklan di halaman online mereka. Google Adsense merupakan jenis Program PPC (Pay Per Click) yaitu pihak penayang iklan (publisher) akan mendapatkan komisi tiap klik iklan yang terjadi. 

Sejarah Diluncurkannya Program Google Adsense (GA)

Kapan Program AdSense diluncurkan?. Program adsense diluncurkan pada tanggal 4 Maret 2003. Program Adsense ini merupakan layanan iklan konten bertarget. Sebulan kemudian pada tanggal 23 April 2003, pihak google mengakuisisi Applied Semantics yang digunakan untuk mendukung layanan adsense milik google. Pada awalnya layanan GA (Google Adsense) hanya mendukung beberapa bahasa saja, antara lain Bahasa Inggris, beberapa bahasa negara-negara kawasan Eropa, kawasan Timur Tengah, Asia timur dan satu negara ASEAN yaitu Thailand.

Saya meyakini dengan berjalannya waktu dan semakin banyaknya para pengguna internet di suatu negara, pasti layanan GA akan mensupport bahasa di negara tersebut.

Kapan Layanan Adsense mendukung bahasa Indonesia?  


Layanan Google berupa program adsense ini mendukung bahasa Indonesia pada tanggal 1 Februari 2012. Dengan hal ini berarti kita para blogger atau pemilik web yang kontennya berbasis bahasa Indonesia dapat menampilkan iklan dari Google Adsense.  

Darimana Iklan Google Adsense berasal?

Iklan google adsense yang tampil di blog maupun di media internet lainnya berasal dari para pengiklan yang disebut Advertiser. Para advertiser ini mengiklankan produk maupun kampanye lain miliknya melalui layanan Google Adword. Para pengiklan akan dikenai tarif tertentu untuk membayar biaya jasa pengiklanan dari google tersebut. 

Berapa nilai bayaran yang diterima Publisher dari penanyangan Iklan Adsense?

Nilai bayaran/keuntungan yang diperoleh Publisher (penayang) adsense adalah tergantung berapa jumlah klik terhadap iklan yang mereka tayangkan. Semakin banyak klik maka potensi keuntungan pun akan bertambah besar.  Selain itu,  lalu lintas (trafik) situs/ blog yang tinggi juga berpengaruh terhadap penghasilan adsense, karena program adsense juga akan membayar Publishernya dengan per-seribu tayangan (Cost Per mile). Banyak strategi yang harus ditingkatkan jika para penayang ingin mendapat penghasilan yang besar dari program adsense. 

Apa Saja Kebijakan Google Adsense terhadap  para publisher?

Pihak google melarang para Publisher adsense terkait tindakan ilegal. Adapun tindakan ilegal yang dilarang antara lain :
  • Mengklik iklan adsense pada blog maupun situs milik kita sendiri, baik dengan cara manual atau secara otomatis memakai bantuan Software.
  • Mendorong atau memberi instruksi berupa ajakan dengan sengaja kepada pengunjung situs untuk mengklik iklan yang tampil, misalnya dengan kata ajakan “klik ini” atau “kunjungi halaman ini”
  • Mengubah tampilan, bentuk maupun ukuran unit iklan tidak sesuai dengan ketentuan google.
  • Meningkatkan klik secara ilegal, misalnya menampilkan iklan adsense di jendela pop up atau dengan redirect  target iklan atau menggunakan floating script iklan.
  • Menampilkan iklan adsense di situs yang mengandung materi Porno, Judi, kekerasan dan materi ilegal lain. 
  • dll
#Bagi para penayang (publisher) sangat disarankan untuk mengikuti anjuran sesuai TOS Google Adsense. Untuk kebijkan lainnya silahkan pelajari selengkapnya di Kebijakan Program Adsense.

Apa sanksi yang diterima publisher jika melanggar kebijakan Adsense?

Google akan secara tegas memberikan sanksi kepada publisher “nakal” dengan memberikan hukuman berupa Banned terhadap akun publisher yang melanggar ketentuan program Adsense. Setelah dibanned maka pemilik situs atau blog tidak bisa menampilkan iklan serta kerjasama dengan program adsense akan diputus oleh pihak google.

GA atau singkatan dari Google Adsense
adalah salah satu produk Google.Inc yang masih dan akan terus menjadi topik perbincangan dan pembahasan dari para blogger atau pemilik situs dari waktu ke waktu. Maklum, Google Adsense adalah salah satu ladang bisnis monetize blog yang sangat mudah dijalankan dan mampu menjadi sumber pendapatan yang sangat menjanjikan.

Demikian ulasan mengenai Pengertian dan Sejarah Google Adsense.
-Sekian-

Post a Comment for "Pengertian dan Sejarah Apa itu Google Adsense?"