Penasaran, Resep Dan Cara Membuat Apa itu Kue Ape ?


Kronologibayu- Gara-gara nonton TOP (Tukang Ojek Pengkolan) telah membuat saya menjadi penasaran Apa sih itu Kue Ape?.

Dalam sinetron Tukang Ojek Pengkolan terdapat tiga karakter pedagang makanan yang menggelar daganganya secara bersama. Mereka adalah pedagang bubur kacang ijo, Kue Ape dan ketoprak. ketiga karakter pedagang ini masuk dalam kategori peran pembantu alias bukan tokoh utama. Meskipun bukan tokoh utama, kehadiran mereka dalam sinetron tersebut sangat dinanti. Konflik dan interaksi dari mereka bertiga semakin menambah serunya sinetron Tukang Ojek Pengkolan.

Jargon memanggil pelanggan dari mereka bertiga menjadi salah satu jargon khas dari sinetron tersebut. Jargon sambung menyambung dari ketiga karakter pedagang makanan itu selalu mewarnai sinetron TOP (Tukang Ojek Pengkolan) itu.

Jargon yang paling unik dari ketiga pedagang makanan adalah jargon milik kasman pedagang Kue Ape.  Jargon milik kasman berkumandang pada urutan ketiga atau urutan terakhir. Setelah jargon prak-toprak-toprak lalu si kasman menyahut . . .

 .. Kue Apeeee...!!

Dan uniknya dia selalu meneriakan jargon itu tepat ke arah telinga pedagang ketropak disamping kanannya.

Untung saja kasman hanya berteriak jargon itu ke arah telinga pedagang ketoprak. Coba dia berteriak ke arah telinga gajah yang sedang B-A-B, bisa-bisa tetanus tu mulut kena semprot gajah. hehehe

Jujur, saya baru tahu jika ada kue namanya Ape dari tayangan sinetron TOP. Maklum sebagai orang jawa kue tersebut sangat asing di telinga saya. Berhubung akhir-akhir ini sering nonton tukang ojek pengkolan, saya semakin penasaran apa sih Kue Ape tersebut.

Pada awalnya saya tidak begitu peduli dengan Kue Ape. Pertama, saya mengira paling kue ape itu semacam kue yang ada Tape singkongnya. atau dugaan kedua adalah paling itu hanya makanan yang mirip dengan penganan jawa yaitu Apem. Berhubung sering nonton si Kasman dengan daganganya itu membuat saya semakin peduli atau tepatnya semakin penasaran, Apa Kue Ape itu sebenarnya ?.

Kue Ape atau serabi Jakarta adalah jajanan khas dari Jakarta. Bentuknya menyerupai pancake. Karena bentuknya, orang juga menyebutnya sebagai kue tetek. Kue yang biasa dijajakan di jalan atau di depan sekolah ini dibuat dari tepung terigu yang dicampur dengan susu. Saat ini dijual dengan berbagai variasi warna dan taburan di atasnya (keju atau meses).

Apa sih kue ape itu?, Apa itu sebenarnya Kue Ape?, Resep membuat kue ape, Cara atau langkah-langkah membuat Kue Ape, Apa saja Bahan dan bumbu yang perlu disiapkan untuk membuat kue Ape,
foto via - inikue.com

Kue ape berbahan dasar tepung terigu, kue ini disebut juga serabi Jakarta. Kue ape memiliki bentuk yang sangat sangat unik dan teksturnya garing serta renyah pada bagian pinggirnya. Kue ape umumnya sering di jajakan atau di jual dengan menggunakan gerobak di pinggir jalan atau di sekolah.

Bagi kamu yang tertarik ingin mencoba membuat Kue Ape di rumah, berikut ini saya tuliskan resep  dan cara membuatnya. Resep dan Cara membuat kue Ape ini saya sadur dari http://www.inikue.com/resep-kue-ape-lengkap-dengan-cara-membuatnya/. Di bawah ini selengkapnya.

Bahan dan bumbu yang perlu disiapkan untuk membuat kue Ape:

  • 100 gr tepung terigu berprotein sedang.
  •  200 gr tepung beras.
  •  Satu sendok teh baking powder.
  •  Setengah sendok teh garam.
  •  175 gr gula pasir.
  •  400 ml air matang.
  • 25 ml air daun saji, dari 25 lembar daun suji serta 2 lembar daun pandan.
  • 8 tetes pasta pandan.  

Cara atau langkah-langkah membuat Kue Ape :

Pertama  campur tepung terigu, tepung beras, baking powder dan juga garam.  Kemudian masukan gula. Tambahkan juga setengah bagian air secara sedikit demi sedikit sambil di uleni rata sekitar 15 menit.

Masukkan sisa air dan juga air daun suji secara sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan hingga menyatu secara rata. Lalu diamkan satu jam hingga adonannya mengembang dua kali lipat.

Panaskan wajan kue ape diatas api besar, dan olesi dengan sedikit minyak supaya nanti adonan tidak menempel. Selanjutnya tuangkan adonan kue ape, tekankan bagian tengahnya sehingga bagian sisinya berkulit. Tutup wajannya, kecilkan api dan tunggu hingga matang.

Demikian postingan saya mengenai Apa itu Kue Ape ?.
Info Update : Berhubung Kue Apenya si Kasman kurang begitu laku, akhirnya dia banting stir menjual Es Cendol dengan Tag line-nya Cendol Manis Dingin (CMD).

-Sekian-




Artikel Terkait:

Kronologi Bayu
Kronologi Bayu Updated at: Friday, April 15, 2016
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Silahkan berkomentar di kolom bawah ini
(Auto Approve tanpa moderasi).
1. Berkomentarlah dengan baik dan sopan.
2. Dapatkan backlink dengan menggunakan Nama/URL.
3. Komentar bermuatan Iklan, Pornografi, Link Hidup (masuk SPAM)
4. Tidak direkomendasikan memakai Anonymous.
Komentar yang melanggar aturan akan saya hapus
Demikian harap menjadikan maklum., Salam Sukses !!
Emoticon