Alamat Kantor BPS (Badan Pusat Statistik) Kota Surakarta


Kronologibayu- Kali ini saya akan berbagi mengenai informasi alamat Kantor BPS Kota Surakarta. Adapun Alamat kantor BPS Surakarta berada di Jl. P. Lumban Tobing No. 6, Kelurahan. Setabelan, Kecamatan. Banjarsari, Surakarta (Telp./Fax. (0271) 635428, Mailbox : bps3372@bps.go.id. Website: http://surakartakota.bps.go.id )

Seumpama anda dari arah timur atau dari arah SMA 1 dan SMA 2 Surakarta langsung saja menuju arah barat sekitar 200 meter hingga Lampu Merah. Setelah sampai di lokasi Lampu Merah, silahkan anda ambil kiri, lurus terus sampai mentok di pertigaan. ingat ! lurus jangan belok jika belum mentok pertigaan. Dari pertigaan tersebut ambil kanan sekitar 100 meter. Kemudian lihat arah kanan anda, karena Kantor BPS Surakarta berada di kanan jalan.

Supaya anda dapat mengidentifikasi Kantor Badan Pusat Statistik Kota Surakarta, silahkan lihat foto di bawah ini

Dimana alamat kantor BPS (Badan Pusat Statistik) Surakarta?. Alamat-Nomor Telepon-website Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Surakarta, Apa itu BPS?, pengalaman berkunjung ke kantor BPS surakarta, Mencari data di kantor statistik surakarta, bagaimana cara mencari data di kantor BPS surakarta,

Atau  untuk arah yang lebih akurat silahkan anda lihat Peta di bawah ini.


Berkenaan dengan Kantor BPS Kota Surakarta, saya pernah suatu waktu berkunjung ke kantor tersebut. Rabu 2/3/16, adalah hari dimana saya berkunjung ke kantor Badan Pusat Statistik Kota Surakarta. Kunjungan saya ke kantor BPS saat itu dalam rangka mencarikan data untuk teman saya. Teman saya berhalangan datang langsung ke Solo. Dia adalah mahasiswa tua tingkat akhir di salah satu universitas Kota Malang. Saking tuanya mungkin dia seumuran dengan rektornya.   

Kunjungan saya tersebut bukan sekedar kunjungan biasa, melainkan kunjungan yang bersifat penting dalam rangka menyelamatkan keberlangsungan skripsi dan nasib studi teman saya.  Maklum, teman saya ini sedang berjuang sekuat tenaga melepaskan diri dari belenggu Skripsi yang menerpa dirinya. Kasihan teman saya. Kalau terlalu lama tidak segera selesai skipsinya, bisa-bisa dia akan mendapatkan Lifetime Achievement dari kampusnya dengan kategori Mahasiswa Abadi Sepanjang Masa. hehehe.

Data yang dibutuhkan teman saya berkaitan dengan data kependudukan surakarta tahun 1997, 1998 dan 1999. Data tersebut sebagai penunjang skripsinya yang mengkaji mengenai Kota Surakarta pada tahun tersebut. 

Untuk data kependudukan 1997 (Surakarta dalam angka 1997) halaman bukunya banyak yang hilang dan kondisi halamannya mudah lepas (kurang terawat). Kondisi buku tersebut sangat menyusahkan saya ketika mem-foto copy data tersebut.

Bagi anda yang ingin meng–copy data / buku catatan statistik ke rental copy-an terdekat, anda dipersilahkan, dengan syarat meninggalkan KTP atau kartu identitas lain dan setelah selesai langsung dikembalikan secepatnya. Dan seperti biasa jika anda berkunjung ke Kantor BPS Surakarta maka anda terlebih dahulu diwajibkan mengisi identitas diri di buku tamu.

Sedangkan data kependudukan 1998 (Surakarta dalam angka tahun 1998) tidak ada. Entah, kemana data tersebut. Apakah data tahun tersebut hilang atau memang sengaja disimpan oleh Pemerintah Solo karena berkaitan tahun 1998 yang terjadi kerusuhan, sehingga data kependudukan 1998 dianggap sensitif  dan tidak ditampilkan untuk umum, entahlah saya juga tidak tahu akan hal itu. Data tahun 1998 yang ada hanya berupa Data PDRB (Produk Domestik Regional Bruto).

Saran saya semoga buku data tahun yang sudah lama sebaiknya dicetak ulang dalam cetakan baru dan juga dibuatkan arsip digital. Dengan hal tersebut saya rasa akan mempermudah pengunjung untuk mengakses data dan membuat pengunjung akan lebih nyaman dalam mengakses data lawas.
Sekilas Info: Apa itu BPS (Badan Pusat Statistik) ?. Badan Pusat Statistik adalah Lembaga Pemerintah Non-Departemen yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Sebelumnya, BPS merupakan Biro Pusat Statistik, yang dibentuk berdasarkan UU Nomor 6 Tahun 1960 tentang Sensus dan UU Nomor 7 Tahun 1960 tentang Statistik. /wikipedia/
Demikian postingan saya mengenai Alamat Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Surakarta dan pengalaman kunjungan saya kesana. ~Sekian ~

*Sumber foto:
https://plus.google.com/photos/photo/118091524513531531655/6020988782013778322




Artikel Terkait:

Kronologi Bayu
Kronologi Bayu Updated at: Monday, March 14, 2016
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Silahkan berkomentar di kolom bawah ini
(Auto Approve tanpa moderasi).
1. Berkomentarlah dengan baik dan sopan.
2. Dapatkan backlink dengan menggunakan Nama/URL.
3. Komentar bermuatan Iklan, Pornografi, Link Hidup (masuk SPAM)
4. Tidak direkomendasikan memakai Anonymous.
Komentar yang melanggar aturan akan saya hapus
Demikian harap menjadikan maklum., Salam Sukses !!
Emoticon