Fakta Unik Seputar Datangnya Tahun Baru Di Indonesia


Di negara Indonesia terdapat beberapa budaya tahun Baru, antara lain Tahun baru Islam, tahun baru masehi, tahun baru saka dan tahun baru Imlek.  Di masing-masing tahun baru tersebut mempunyai pakem hitungan dan penentuan terhadap penulisan kalendernya.

Apa itu Tahun Baru ? tahun baru adalah suatu keadaan dimana tahun yang lama telah berganti dengan tahun yang baru. Ya iyalah mas .

Dalam postingan kali ini kita membahas tentang Tahun Baru yang  digunakan di Negara kita yaitu Tahun Baru yang jatuh pada tanggal 1 januari.  Biasanya fenomena perayaan pergantian Tahun Baru ini identik dengan acara peniupan terompet dan pelepasan kembang api serta dimeriahkan juga dengan berbagai acara, misal musik, tari-tarian, parade karnaval dan lain-lain.

Namun tahukah saudara berdasar pengamatan, setidaknya saya mencatat ada beberapa fakta seputar datangnya Tahun Baru di Indonesia.

Berikut adalah beberapa fakta yang dimaksud :



#Secara geografis, maka Papua adalah propinsi pertama yang merasakan Tahun Baru.

Sangat jelas dan tidak terbantahkan bahwa Papua adalah Opener dari fenomena datangnya Tahun Baru.Hal ini sudah kodrat alam yang tak dapat dipungkiri bahwa Papua adalah propinsi paling timur di republik ini.

#Terjadi kemacetan lalu lintas transportasi tingkat tinggi di kota-kota di setiap daerah.

Kemacetan transportasi ini dipicu adanya kenaikan intensitas aktivitas masyarakat yang berlalu-lalang guna menyiapkan diri menyambut perayaan tahun baru.

#Terjadi titik-titik keramaian/ pemusatan aktivitas di Kota.

Keramaian ini disebabkan karena ada banyak event yang digelar di pusat kota.

#Omzet pendapatan jasa Parkir melonjak tajam.

Tahu kenapa?.

Ya benar sekali, banyaknya kepemilikan kendaraan pribadi masyarakat di negara ini telah memicu kebutuhan lahan parkir untuk menampung kendaran-kendaran tersebut. Biasanya masyarakat akan datang berbondong-bondong mendatangi event yang diadakan dengan menggunakan kendaraan pribadi masing-masing. Jika hal ini terjadi maka omzet pendapatan Jasa Parkir akan mengalami kenaikan yang cukup signifikan ketika ada event berupa perayaan-perayan yang diselenggarakan di kota.

#Omzet pedagang makanan di kaki lima tak kalah dengan Restauran.

Siapa yang tidak butuh makan dan minum.? Saya kira semua orang pasti butuh makan dan minum. Pedagang kaki lima adalah salah satu elemen yang tidak boleh diremehkan keberadaannyaketika terjadi keramaian di kota. Mudah dijangkau dan harga yang bersahabat adalah alasan mengapa banyak orang pada saat keramaian memilih pedagang makanan kaki lima sebagai pemuas lapar dan dahaga mereka.

#Diskon bertajuk “Diskon akhir Tahun” menjadi strategi penjualan yang ampuh bagi sejumlah pusat perbelanjaan.

Nah ini !!. Diskon Tahunan yang memanfaatkan momen-momen tahunan. Biasanya akhir tahun adalah keadaan dimana Godaan Diskon pusat perbelanjaan lebih hebat daripada godaan setan. Bagi anda para suami yang sedang mengalami keterbasan budget pada momentum akhir tahun, maka saya sarankan jangan sekali-kali anda mengajak atau bahkan meng-Amini ajakan pasangan anda untuk jalan-jalan ke pusat perbelanjaan.

Dilema memang, disisi yang satu anda harus memenuhi ajakan istri sebagai wujud rasa cinta anda, namun disisi yang lain anda sedang mengalami keterbatasan budget. Apabila anda terjebak pada kondisi semacam ini, maka anda harus membaca tips dari saya di bawah ini.
  
Anda tetap bisa memenuhi ajakan pasangan anda meskipun mengalami kondisi keterbatasan budget di akhir tahun. Caranya :

1. Pertama, anda harus berkata jujur kepada pasangan anda bahwa anda sedang mengalami keterbatasan budget. Saya yakin dengan bicara jujur pasti pasangan anda akan memahami kondisi anda

2. Kedua, ajaklah pasangan anda berdikusi dengan menetapkan skala prioritas terhadap barang yang akan dibeli sesuai budget yang dimiliki.

3. Ketiga, Gandeng tangan pasangan anda seerat mungkin.

Kenapa harus menggandeng tangan seerat mungkin?

Karena dengan menggandeng erat tangan istri/pasangan, anda akan mendapat dua keuntungan sekaligus.
  • Keuntungan pertama adalah anda dapat mempererat rasa cinta kasih kepada pasangan anda. 
  • Keuntungan Kedua, anda dapat meminimalisir tingkat keganasan pasangan anda agar tidak banyak membeli barang. Ingat Prinsip ilmu ekonomi bahwa “Tingkat besaran diskon di suatu pusat perbelanjaan berbanding lurus dengan tingkat keganasan tangan perempuan” .

Saya yakin banyak para kaum wanita yang tergoda dengan diskon-diskon yang ditawarkan. Mengadapi hal semacam ini, anda sebagai wanita harus bijak dengan menetapkan skala prioritas agar keuangan anda tidak terkuras.

Anda juga dituntut menjadi pembeli atau konsumen yang cerdas, karena ada ketakutan bahwa diskon-diskon yang ditawarkan hanyalah “PERMAINAN” belaka atau boleh juga disebut diskon yang tidak jujur.

#Banyak ledakan di udara, bukan meteor melaikan kembang api.  

Mungkin di tambah ledakan meteor akan menambah meriahnya Tahun Baru. Trust Me !

#Malam Tahun Baru adalah neraka bagi J#mblo.

Neraka atau tidak, tergantung anda dalam bersikap. Jika anda masih menyikapi seperti itu, maka anda masuk dalam golongan kaum alay.

#Berdiam diri di rumah dianggap “CUPU”.

Beberapa kalangan mainstream pro malam tahun baru “mungkin” dalam benak hati kecil mereka berkata, “gua harus keluar malam ini ma anak-anak, ogah gua jadi anak cupu”. Atau mereka berkata, “gua harus keluar malam ini ma anak-anak, ogah gua dianggap cupu”. Kalau sudah seperti ini maka kita telah masuk dalam pembahasan penting nggak sih merayakan malam tahun baru?. 

#Kampung sepi.

Tanya Kenapa?. Ya, karena kebanyakan warga kampung pergi ke pusat-pusat keramaian dikota saat ada malam pergantian Tahun.Warga kampung yang pergi ke pusat keramaian ini didominasi oleh kalangan muda, baik yang belum menikah maupun sudah menikah.

Dan akan menjadi bahaya ketika semua warga kampung dari perangkat desa hingga rakyat di tingkat RT berbondong-bondong ke kota pada saat malam pergantian tahun. Jika hal ini terjadi maka akan menimbulkan masalah sosial baru yang disebut dengan Malam Pergantian Tahun Baru Bedol Desa.

#Popularitas saxophone kalah dengan Terompet khas Tahun Baru.

Harus diakui bahwa rating ketenaran Terompet Tahun baru naik tajam disaat seperti ini. Bahkan rating ketenarannya mengalahkan saxophone. Saya meyakini bahwa pemain jazz akan lebih memilih terompet tahun baru dalam penampilannya di acara tahun baru .

#Siswa yang masuk sekolah pada tanggal 1 januari dianggap tidak lazim.

Kenapa mereka dianggap tidak lazim jika masuk sekolah pada tanggal 1 januari??.  Saya kira semua sudah tahu alasannya. Bukan rahasia lagi kalau tanggal 1 januari adalah tanggal merah di setiap tahunnya.

Maka apabila ada siswa yang tetap memaksakan diri masuk sekolah bisa saja dia dianggap nyleneh dan bisa juga akan dijerat dengan hukum pidana, apabila mereka masih nekat memaksakan diri masuk sekolah dengan tindakan anarkis.

Misal:  Murid mencongkel pintu gerbang kemudian menyekap satpam sekolahan. Setelah itu, mereka menculik ibu kantin yang sedang enak-enak tidur kantin.Setelah berhasil menculik ibu kantin, kemudianmereka meminta tebusan berupa permintaan belajar mengajar kepada Guru kelas. Nah,. Ini adalah tindakan yang tidak direkomendasikan  don’t try this at your school !!.

Ada dua barang yang mengalami kenaikan permintaan pada saat tahun baru.
  1. Terompet tahun baru dengan berbagai variasi bentuk dan modelnya.
  2. Kalender tahun baru dengan berbagai variasi gambarnya.

Penting nggak Sih merayakan Tahun Baru???

Jika kita melihat fenomena sosial yang ada di Indonesia. Kita akan melihat fenomena bahwa masih banyak diantara kita dan para remaja yang merayakan pergantian tahun ini dengan sesuka hatinya sendiri dan cenderung mengarah ke aktivitas yang kurang terpuji.

Misal : Menghamburkan uang demi perayaan tahun baru,  konvoi sepeda motor seenaknya sendiri dengan kenalpot suara bising serta tidak mentaati tertib lalu lintas. Minum-minuman keras dan bahkan melakukan tindakan mes#m di tempat-tempat gelap dan sepi.

Tentu hal-hal yang tidak terpuji semacam itu tidak dibenarkan dan justru akan menghilangkan esensi Tahun Baru itu  sendiri. Sejatinya esensi tahun baru adalah semangat baru dan introspeksi diri terhadap apa yang telah kita lakukan di tahun sebelumya dan merencanakan tindakan apa yang harus kita lakukan untuk menyongsong tahun yang baru dengan lebih baik.

Penting atau tidaknya merayakan tahun baru ini adalah kembali pada diri kita masing-masing. Semua punya alasan dan pendapat dalam menyikapi perayaan tahun baru ini . Think what you do !!

Did you Know?   

Malam pergantian tahun adalah momentum singkat yang terjadi antara pukul 23.59 pada tanggal 31 Desember di tahun sebelumnya sampai dengan pukul 00.00 pada tanggal 1 januari di tahun selanjutnya. Jadi, untuk apa harus diribetin?. Berdoa dan berkumpul bersama keluarga adalah hal yang lebih dari cukup. Mari kita syukuri datangnya Tahun Baru dengan kesederhanaan. Semoga dengan kesederhanaan kita dapat menemukan makna Tahun Baru yang sesungguhnya.
Kesederhanaan dalam bersyukur adalah cara nikmat merayakan pergantian tahun




Artikel Terkait:

Kronologi Bayu
Kronologi Bayu Updated at: Saturday, December 26, 2015
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Silahkan berkomentar di kolom bawah ini
(Auto Approve tanpa moderasi).
1. Berkomentarlah dengan baik dan sopan.
2. Dapatkan backlink dengan menggunakan Nama/URL.
3. Komentar bermuatan Iklan, Pornografi, Link Hidup (masuk SPAM)
4. Tidak direkomendasikan memakai Anonymous.
Komentar yang melanggar aturan akan saya hapus
Demikian harap menjadikan maklum., Salam Sukses !!
Emoticon