5 Persiapan Menghadapi Tantangan Tahun Baru


Tahun Baru adalah suatu gerbang pergantian  waktu yang akan selalu dilalui oleh setiap insan manusia selama masa hidupnya. Ada dua pilihan dalam menyikapi pergantian demi pergantian waktu ini. Pilihan pertama adalah hanyut terseret derasnya arus jaman tanpa pegangan satu pun. Atau, Kedua, menjadi pribadi yang tangguh dengan memiliki pegangan prinsip yang kuat.

Dari pilhan di atas pasti kita akan memilih pilihan yang kedua yaitu menjadi pribadi yang tangguh. Tapi hal apa saja yang harus kita persiapkan guna menjadi pribadi yang tangguh dalam menghadapi tahun yang baru. Dibawah ini adalah 5 hal yang harus dipersiapkan untuk menghadapi tantangan tahun baru.

Tips menyambut tahun baru, Intropesksi diri dalam menyambut tahun baru, Cara menyambut tahun baru, kita harus siap menyongsong tahun baru,  Motivasi menghadapi tantangan tahun baru, cara siap menghadapi tahun baru

# Introspeksi Diri

Introspeksi diri adalah cara pertama kita untuk mengetahui sejauh mana kebaikan dan kesalahan, kelebihan maupun kekurangan yang telah kita jalani di tahun sebelumnya. Melalui introspeksi diri ini, kita dapat belajar dari kesalahan atau kegagalan yang telah kita alami. Setelah melakukan introspeksi diri dengan baik,  kita bisa melangkah dengan yakin dalam menapaki aktivitas-aktivitas di tahun yang baru. Melalui introspeksi atau mawas diri juga bisa membuat diri  kita menjadi pribadi yang lebih bijak dalam menyongsong tahun yang baru.

# Berani Melakukan Perubahan.

Dalam rangka menghadapi tahun yang baru, kita juga harus melakukan suatu  perubahan. Perubahan yang dimaksud adalah bisa perubahan berupa sikap.  Dari sebelumnya mempunyai sikap yang kurang baik, malas-malasan misalnya. Kita harus berubah menjadi pribadi yang rajin. Intinya kita harus berani melakukan perubahan yang baik dengan meninggalkan kebiasan buruk dalam diri kita, agar kita siap menghadapi tantangan tahun yang baru.

# Memiliki Perencanaan /Planning.

Kita harus memiliki rencana jika ingin tetap survive ditengah kerasnya arus jaman seperti saat ini. Ketatnya kompetisi hidup yang semakin tinggi “ memaksa” kita harus membuat suatu perencanaan yang baik. Rencana yang baik harus memiliki gambaran teori dan praktek yang nyata dalam pelaksanaannya. Kita tidak boleh memiliki rencana hanya sebatas rencana. Gagasan disertai tindakan adalah cara yang terbaik dalam berencana.

Sebagai tambahan kita juga harus memiliki rencana cadangan /Plan A/Plan B. Hal ini dimaksudkan sebagai  antisipasi jika rencana utama kita meleset dari target.

#Menumbuhkan Rasa Semangat Yang Tinggi.

Unsur energi berupa semangat adalah faktor yang penting harus kita miliki. Ibarat seorang pejuang kita tidak  boleh loyo dalam menghadapi para penjajah atau musuh. Begitu juga kita dalam menghadapi tantangan hidup sehari-hari.  Kita tidak boleh mudah putus asa apabila mengalami kegagalan. Kita harus tetap semangat dengan disertai positif thinking dan optimis dalam menjalankan rencana untuk menghadapi tantangan tahun yang baru.

#Siap Bekerja Keras

“Tidak ada yang instan di dunia ini, bahkan mie instan pun harus kita masak dulu”

Itulah ibarat yang memiliki arti bahwa tidak ada hasil yang tiba-tiba bisa kita peroleh begitu saja. Kita perlu kerja keras untuk menghadapi setiap tantangan agar semua apa yang kita cita-citakan bisa terwujud di tahun yang baru. Awali dan akhiri setiap kerja keras kita dengan doa, agar setiap aktivitas kita selalu diberkahi kebaikan oleh-Nya.

Demikian artikel tips berupa motivasi 5 hal yang harus dipersiapkan untuk menghadapi tantangan tahun baru dari saya. Semoga dapat memotivasi kita semua untuk menjadi lebih berani dan mantap dalam menghadapi kompetisi di tahun yang baru.

~Salam~



Artikel Terkait:

Kronologi Bayu
Kronologi Bayu Updated at: Wednesday, December 30, 2015
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Silahkan berkomentar di kolom bawah ini
(Auto Approve tanpa moderasi).
1. Berkomentarlah dengan baik dan sopan.
2. Dapatkan backlink dengan menggunakan Nama/URL.
3. Komentar bermuatan Iklan, Pornografi, Link Hidup (masuk SPAM)
4. Tidak direkomendasikan memakai Anonymous.
Komentar yang melanggar aturan akan saya hapus
Demikian harap menjadikan maklum., Salam Sukses !!
Emoticon