Namanya Juga Penipuan.


Kronologibayu- Jumat dini hari pukul 00.15 wib, Lagi-lagi saya terjebak pada kondisi yang tidak jauh berbeda dengan hari sebelumnya. Mata 5 watt dan kepala sudah mulai berat adalah kondisi pada saat itu. Ya benar ngantuk yang sudah memiliki level 8 dalam skala 1-10 ini, nampaknya sudah menggerogoti badan saya.

Di tengah kondisi yang tidak terlalu fresh secara performa kali ini, tiba-tiba saya mendapat suntikan tenaga yang luar biasa. Bukan karena Lance Amrstrong datang ke rumah saya lalu memberi  saya obat doping andalannya atau Dokter Boyke memberi  saya obat kuat vitalitas pria yang telah terbukti memuaskan pasiennya.Bukan, Bukan karena itu.  Suntikan tenaga yang saya dapatkan karena adanya SMS yang mengejutkan mata saya. 

SMS tersebut datang ketika mata saya sudah lier-lier, (istilah penyebutan orang jawa untuk kondisi mata ngantuk yang sudah akut, bukan lier artinya pembohong). Mata saya langsung terbelalak untuk sejenak melirik HP yang ada di depan saya. Setelah melirik HP tersebut, rasa apatis dari diri saya muncul dengan adanya SMS yang datang pada dini hari ini. Pikir saya, paling  SMS dari operator yang mengucapkan terimakasih telah menjadi pelanggan kami dsb, SMS promosi dari nomor aneh, atau paling sms yang isinya tidak jelas dari nomor yang tidak jelas.

Jujur sebenarnya saya merasa enggan membuka sms, namun rasa enggan ini mulai melunak dan perlahan membuat saya untuk segera membuka isi sms dalam HP. Kemudian saya buka sms-nya dan isinya sebagai berikut.:

Sya RAHMAT HIDAYAT dri Mlaysia asli org aceh, Sy Mnikah dg wrga Mlaysia, tpi akhir2 ini rumah tangga kmi mulai retak. Jdi Sya ingin Memindahkan harta sy ke Indone sbesar RM.2 Jt,krna KELUARGA ISTRI Sya ingin MENGUASAI HARTA sya. Dan Sy butuh org Terpercaya utk MENYIMPAN Dana sy ini smpai sy pulang ke indone,Krna skrg ini sy sudah tak punya Kluarga lgi di indone stelah Bencana Sunami melanda ACEH.Jika anda Bersedia bls ke +60138770622
Trimaksih

Setelah membaca sms ini, mood saya menjadi hilang dan ngantuk yang sebelumnya berada di level 8 kini justru naik 1,5 tingkat, sekarang menjadi  level 9,5. Bener tibak’e sms ra jelas soko wong ra jelas,(gumam dalam hati saya).

SMS di atas adalah sms gaya baru dan baru pertama kali saya dapatkan.  Sebenarnya sudah banyak sms tidak jelas dari orang tidak jelas masuk ke nomor saya, misalnya
  1. SMS berisi pemberitahuan telah menjadi pemenang undian dengan berbagai variasi smsnya.
  2. Mama minta pulsa dengan berbagai variasi smsnya.
  3. SMS suruh mengirim sejumlah uang ke rekening dengan berbagai variasi smsnya.
  4. SMS promosi dari toko online yang kredibilitasnya diragukan dengan berbagai variasi smsnya.
  5. Orang yang berminat menawarkan kerjasama usaha/jasa dengan berbagai variasi smsnya.
  6. Orang yang tidak saya kenal minta di add pin BB-nya dengan berbagai variasi smsnya. (Maaf, untuk saat ini saya tidak punya BB)

Baik, kembali ke benang merah cerita, .

Mendapat sms model baru bagi saya ini, membuat saya penasaran untuk mencoba setidaknya mencari track record model penipuan ini. Pertama, Saya mencoba mengecek nomor yang digunakkan pelaku  menggunakan HLR yaitu tool online yang dapat digunakkan untuk mengecek lokasi penerbitan nomor ponsel. Betapa kagetnya saya, berdasar alat tersebut menyebutkan bahwa nomor yang digunakan oleh pelaku (+62856962459x) adalah nomor selular Indosat wilayah Makassar.

Katanya orang Malaysia yang berasal dari Aceh tapi nomor HP yang digunakan adalah nomor ponsel Makassar. Sebenarnya orang ini, orang mana to?.

Saya mencoba  memasukkan ke dalam logika berpikir saya. Mungkin orang tersebut pernah pergi ke Makassar dan membeli nomor ponsel di sana, atau dia mendapat nomor kode Makassar dari kerabat atau teman. Atau jangan-jangan dia adalah distributor utama nomor Perdana selular yang memegang hak kendali penuh  untuk wilayah Malaysia, Aceh dan Makassar, Hahahaha.

Rasa penasaran akan track record model tipu-tipu ini terus berlanjut. Kemudian saya mencoba mengecek nomer +60138770622 menggunakan fasilitas sejuta umat yaitu search engine . Dari fasilitas ini terdapat hanya ada dua laporan saat itu (jumat, 28 Nov) yang pertama mengarah ke postingan FB milik sodara Faisal dan yang kedua mengarah ke akun Saudara Suro. Kedua laporan ini berasal dari postingan di FB semua.

 Di bawah ini adalah Screenshot Postingan dari Faisal dan Suro

gambar informasi terkait modus penipuan

gambar informasi terkait modus penipuan
_____________________________________________________________________
*Gambar pertama, adalah postingan dari Faisal tertanggal 3 Juni 2014 pukul 15.04  yang dikirim ke Fanspage PRFM ;
*Gambar kedua, adalah postingan Suro tertanggal 21 september 2014 pukul 23.29  yang ditulis di akun pribadi; 
[ Demi menjaga privasi,  foto dan nama sengaja tidak saya tampilkan penuh ]

Mari kita mencoba memasukan ke dalam logika, masak ada orang yang rumah tangganya retak mau titip uang/hartanya kepada orang yang jauh tidak di kenalnya. Kalau mau titip, titipkanlah kepada saudara anda, kerabat, teman dekat, pejabat  berwenang atau orang yang kompeten di bidang syariat atau ahli hukum. Itu akan jauh lebih baik. Titip harta koq kepada orang yang jauh tidak di kenal. Tipu-tipu tidak masuk akal. Maklum Namanya juga Penipuan!!
Cak Lontong said: Mau dapat hasil dari modus  tipu-tipu anda? Buatlah Tipu-tipu yang bisa diterima logika calon korban anda dan segmentasi target harus tepat.  Mikir !

Penipu said: Terima kasih Cak atas sarannya,

Cak Lontong saidSama-sama …….Loh!!!, kon iku tobato a, malah terima kasih.

Saran dari kejadian di atas saya tujukan kepada dua pihak,

Pertama, kepada pemuda pemilik blog ini, (saya sendiri), tetap waspada dengan modus penipuan apapun, meskipun itu modus  baru sekalipun. Dan tetap positif thinking terhadap SMS yang datang dimalam hari. Buka SMS tersebut, siapa tahu dia adalah kerabat-atau temanmu  yang sedang membutuhkan pertolongan.  Siapa tahu juga, dia adalah bidadari utusan langit yang ingin berkenalan denganmu, HAhaha, gile lu Ndro!.

Kedua, untuk Oknum yang berlindung atas nama siapapun yang anda gunakan dalam modus penipuan. Sebelum melancarkan aksi penipuan, Tolong persiapkan materi dengan baik dan benar, minimal bisa diterima oleh  logika calon korban anda. Namun yang lebih baik dari itu, segeralah bertobat dan tidak mengulangi aksi tipu-tipu dengan bentuk apapun. Pintu maaf Tuhan terbuka lebar untuk Umat-Nya!

Kemudian rasa terima kasih saya ucapkan kepada;  saudara Faisal dari Serpong dan saudara Suro dari wonogiri. Terima Kasih telah memosting kabar mengenai adanya modus penipuan seperti diatas. Sukses selalu untuk anda.

-Sekian-


Artikel Terkait:

Kronologi Bayu
Kronologi Bayu Updated at: Friday, November 28, 2014
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Silahkan berkomentar di kolom bawah ini
(Auto Approve tanpa moderasi).
1. Berkomentarlah dengan baik dan sopan.
2. Dapatkan backlink dengan menggunakan Nama/URL.
3. Komentar bermuatan Iklan, Pornografi, Link Hidup (masuk SPAM)
4. Tidak direkomendasikan memakai Anonymous.
Komentar yang melanggar aturan akan saya hapus
Demikian harap menjadikan maklum., Salam Sukses !!
Emoticon