Pertemuan Toilet Tingkat Dunia


Kronologibayu- Negeri yang katanya surganya dunia, kaya akan sumber daya alam, kolamnya berupa kolam susu, tongkat kayu jadi tanaman, bahkan ada yang bilang negeri kita adalah atlantis yang hilang. Namun anggapan dan persepsi semacam itu akan sirna seketika jika anda pergi ke pasar tradisional. Jangan kaget jika anda dapati bawang, kedelai dan beras misalnya adalah produk impor dari luar negeri.

Negeri yang katanya negara agraris ini tertunduk miris lunglai tak berdaya menyuplai kebutuhan dalam negeri. Apakah hal ini terjadi karena petani kita tak mampu menjadi tuan di negeri sendiri, atau kah ada langkah sistematis yang sengaja memarjinalkan petani dalam rangka mencari keuntungan pribadi si "Penguasa"/ Pemilik Modal. Atau ada sebab-sebab lain.?? [Hanya Tuhan dan badan intelijen negara yang tahu ]

Hey Bayu,. Kamu telah menyimpang dari judul !!

O iya pemirsa, maaf saya sedikit ngelantur di tulisan pembuka di atas, maklum nampaknya suara hati tidak bisa dibohongi. Baiklah kita akan menuju rel yang benar sesuai judul di atas.

Bukan hanya pertemuan negara yang tergabung dalam G-20 atau pertemuan OPEC saja yang diadakan, namun pertemuan toilet antar negara pun juga ada. Jika membaca judul di atas, mungkin anda akan bilang masa’ sih ada pertemuan toilet tingkat dunia?. Percayalah pertemuan ini memang ada.

Oke, sedikit flashback ke bulan september 2012, dimana saya sedang intensifnya wara-wiri karanganyar-solo PP. Di bulan ini saya sedang disibukkan dengan urusan administrasi akhir studi yang saya tempuh. Maklum saya sedang menempuh ujian skripsi yang dilanjut dengan revisi hingga pendaftaran wisuda. Aktifitas ini memaksa saya untuk intesif melakukan perjalanan bolak-balik karanganyar-solo. Dalam perjalanan bolak-balik ini, jembatan bengawan solo adalah saksi bisu yang seakan mengatakan selamat datang dan selamat jalan atas kehadiran dan kepulangan saya.
   
Di gerbang masuk kota Solo atau tepatnya di seberang jembatan bengawan solo, terdapat papan reklame besar. Papan reklame tersebut biasa memuat iklan komersial dan tidak jarang memuat informasi tentang acara/event yang akan di gelar di kota solo. Iklan yang sering saya jumpai di papan reklame tersebut misalnya produk rokok  dan beberapa event seperti solo batik carnival, pameran komputer dll.  Namun di akhir bulan september, saya menjumpai materi reklame yang sedikit berbeda dari biasanya.  Reklame unik ini saya jumpai ketika saya melintasi jalan masuk kota solo dan saya pun melihat papan reklame tersebut bertuliskan :

 World Toilet Summit.

Di bawah ini foto yang berhasil saya dokumentasikan.

pertemuan toilet tingkat dunia, world toilet summit

cerita unik tapi nyata, pertemuan toilet tingkat dunia, world toilet summit di surakarta 

pertemuan toilet tingkat dunia, world toilet summit pertemuan toilet tingkat dunia, world toilet summit

Apa yang sesungguhnya didiskusikan dalam pertemuan tersebut saya tidak tahu persis, namun melalui imajinasi, Saya mencoba berandai-andai apa yang di diskusikan dalam pertemuan toilet tingkat dunia tersebut. Saya hanya bisa berandai-anadai karena saya tidak mendapat undangan dalam acara tersebut pemirsa,.harap maklum.. hehehe..

Anda pasti penasaran, sama saya juga penasaran. Apa yang terjadi dalam pertemuan tersebut?. Di bawah ini adalah rekontruksi yang coba saya rajut melalui intuisi dan berdasar kemungkinan-kemungkinan yang terjadi.

Cek it out>>

Setelah acara demi acara di gelar, topik demi topik bahasan   selesai di ulas maka sampailah pada sesi penyampaian harapan dan rencana ke depan dari para peserta tentang inovasi toilet di negara masing-masing. Karena terbatasnya waktu, maka peserta yang akan menyampaikan harapan dan rencana inovasi toilet di batasi hanya 3 orang. Setelah melaui undian, akhirnya terpilih 3 peserta yaitu : Delegasi Eropa yang di wakili Inggris, Delegasi Amerika Serikat dan peserta dari Tuan rumah yaitu Indonesia.

Delegasi eropa,
“Kami akan membuat toilet menjadi senyaman mungkin ketika akan digunakan. Kemudian di setiap septictank yang ada di negara kami, akan kami pasangi sensor yang terintegrasi dengan komputer. Dengan hal ini kami akan mudah memantau kapan harus dilakukannya penyedotan WC. Dengan sensor tersebut kami juga berharap akan memudahkan dalam mengambil langkah strategis untuk mengolah limbah manusia ini. Prok....Prok..Prok..Prok...Prok.. (1/4 dari hadirin bertepuk tangan)

Kemudian  giliran dari Amerika Serikat angkat bicara, dengan penuh percaya diri, delegasi Amerika Serikat menyampaikan pernyataannya,

Kami akan merancang WC duduk yang bisa buka tutup sendiri ketika akan di tempati manusia, setelah itu pengguna dapat menyentor closed secara praktis melalui gadget mereka yang telah kami berikan aplikasi khusus untuk itu. Prok....Prok..Prok..Prok...Prok (1/2 dari hadirin bertepuk tangan)

Tibalah giliran Tuan rumah Indonesia menyampaikan harapan dan rencana kedepan tentang inovasi toiletnya. Melalui Dirjen PU, akhirnya Tuan Rumah menyampaikannya,

Kami akan menyediakan toilet terbaik di semua fasilitas umum, kenyamanan dan kepuasan adalah harga mati yang akan kami berikan kepada pengguna. Kotak donasi yang berada di toliet umum akan kami hapus, sebagai ganti kami telah bekerjasama dengan Bank pemerintah untuk membuat fasilitas toilet e-banking. Dimana pengguna toilet umum dapat secara praktis membayar toilet secara online melalui transfer. Bagi pengguna gadget dapat mudah membayar donasi toilet melalui m-banking. Semua ini kami lakukan untuk perubahan ke arah yang  baik dan modern. Terima Kasih

Mendengar ulasan dan inovasi dari tuan rumah, seluruh peserta yang hadir langsung berdiri seraya memberikan tepuk tangan meriah (standing applause). Mereka sangat mengapresiasi ide yang sangat futuristik ini.  LOL ---- end----

(ilustrasi kejadian di atas hanya rekaan semata, karena kejadian sebenarnya dalam rapat world toilet summit penulis tidak tahu sama sekali, hehehe)

Pertemuan toilet tingkat dunia jika dilihat mungkin banyak yang memandang sebelah mata, mungkin akan ada pertanyaan semacam ini

“itu pertemuan apaan sih?, 
Masa urusan toilet saja sampai di buat forum antar negara?,
Gila ya,orang antar negara kumpul hanya untuk mendiskusikan toilet?”.

Meskipun pertemuan di Solo kemarin adalah perhelatan yang ke-13, jujur saya katakan bahwa saya kali pertama baru tahu kalau ternyata ada pertemuan yang membahas ihwal tempat buang hajat orang tersebut. Meskipun demikian saya pribadi sangat mendukung event world toilet summit tersebut diadakan. Karena toilet adalah hal vital dalam rangka membangun kehidupan yang bersih dan higienis bagi kesehatan.

pertemuan toilet tingkat dunia, world toilet summit di surakarta

Bayangkan jika toilet itu di bangun dan digunakan tidak sesuai kaidah tata lingkungan yang baik, pasti akan menimbulkan bau yang tak sedap dan bisa menumbuhkan bibit penyakit akibat hal itu. Memang buang air adalah hal yang terlihat sepele namum apabila hal itu disepelekan akan menjadi malapetaka bagi kita. Selain itu, toilet yang baik merupakan sarana penting dalam menunjang kota layak huni maupun  kota wisata.

-Sekian-




Artikel Terkait:

Kronologi Bayu
Kronologi Bayu Updated at: Sunday, May 04, 2014
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai